GUBERNUR 

KEPULAUAN RIAU

Dr. H. Nurdin Basirun. S.Sos, M.Si

ARSIP

Arsip Berita

    (GPR) Kominfo

Invalid or Broken rss link.

 

*Rakornas Sekda Se Indonesia di Palembang

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah didampingi Asisten III Pemprov Kepri M. Hasbi dan Kepala Biro Organisasi dan Korpri Any Lindawati menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sekretaris Daerah (Sekda) se Indonesia, Kamis (7/9) di ballroom Hotel Horison, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Rakornas Sekda ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo. Berlangsung selama tiga hari atau, Kamis (7/9) sampai dengan, Sabtu (9/9).

Berkumpulnya seluruh Sekda Provinsi dan Sekda Kabupaten/kota se Indonesia ini guna membahas berbagai persoalan penting seperti Strategi penataan UPT dan cabang dinas sesuai dengan Permendagri 12 tahun 2017 tentang Pembentukan dan Klasifikasi cabang dinas dan unit pelaksana teknis daerah ; Kebijakan tentang Penyaluran dana transfer daerah dan dana desa; Pengelolaan manajemen ASN sesuai PP no.11 tahun 2017; Strategi peningkatan pelayanan publik di pemerintah daerah; hingga masalah peran KORPRI dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ASN.

Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo Subianto dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini sedang berkembang kasus ujaran kebencian yang berupaya meretakkan keutuhan bangsa. Oleh sebab itu Hadi berharap agar seluruh sekda yang bertindak sebagai pembina ASN bisa memastikan tidak ada ASN yang terlibat dalam ujaran kebencian tersebut. Disamping itu, seluruh Sekda juga diminta untuk senantiasa memperhatikan berbagai isu strategis lainnya seperti masalah RAPBD harus di revew dengan baik, efektif dan efisien sehingga maksimal manfaatnya untuk masyarakat.

Selain itu adalah menyangkut pembangunan infrastruktur di daerah. Hadi menghimbau agar pembangunan infrastruktur benar-benar untuk membangun konektivitas dan mengurangi kesenjangan antar daerah yang satu dengan daerah yang lain.

Disamping itu isu strategis lainnya masalah Pilkada serentak 2018. Untuk ini diminta unituk koordinasi semaksimal mungkin guna mendapatkan dukungan masalah keamanan dan ketertiban dan sebagainya. Adapun yang terakhir adalah masalah penyaluran dana desa. Dikatakan Hadi bahwa ada sebesar Rp60 triliun dana yang akan disalurka untuk seluruh Desa yang ada di Indonesia. Untuk itu masing-masing Sekda agar intens melakukan bimbingan terhadap Pemdes, guna menghindari terjadinya penyelewengan dan pemanfaatan yang tidak efektif.

"Kami berharap forum ini agar bisa dijadikan sebagai wadah penjaringan wawasan dan pemahaman guna saling bertukar fikiran yang kemudian diterapkan di daerah masing-masing nantinya. Berbagai isu strategis yang berkembang itu harus menjadi perhatian khusus," kata Hadi.

Disamping itu Hadi juga mengingatkan agar seluruh daerah berupaya memaksimalkan penyerapan anggaran, mengingat masih ada beberapa daerah yang mengalami keterlambatan. Apalagi September ini adalah akhir triwulan 3. Disamping itu penyusunan perubahan APBD pun diharapkan selesai di bulan ini.

"Saya himbau betul agar anggaran yang masih ada di bank segera direalisasikan. karena ini juga bisa untk meningkatkan ekonomi daerah," katanya.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin dalam sambutannya berterimakasih kepada Kemendagri yang telah menunjuk Palembang sebagai tuan rumah untuk acara Rakornis Sekda se Indonesia. Alex memanfaatkan pertemuan ini untuk mempromosikan daerahnya sekaligus mengajak untuk sama-sama mensukseskan ASIA GAME 2018. Dimana Indonesia sebagai tuan rumah memilih Jakarta dan Palembang.

"Untuk ASIA GAME 2018 ini persiapan sudah kita lakukan jauh-jauh hari. Bahkan sejak tahun 2004. Barusan kita kurang beruntung di Seagame 2017 di Malaysia dengan hanya berada di peringkat ke-5. Kita mau Indonesia ini nanti berhasil sebagai tuan rumah ASIA GAME 2018 dan mendapatkan prestasi yang baik pula," kata Alex.

Ketua Forum Komunikasi Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) Sri Puryono Karto Sudarmo dalam laporannya mengatakan bahwa Rakornas ini adalah untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi sesama sekda yang ada diseluruh Indonesia. Dengan harapan satu sama lain bisa saling bertukar wawasan dan pemikiran sesuai dengan pengalaman di daerah masing-masing, sehingga bisa saling menutupi setiap adanya kekurangan.

Dari Kepri sendiri yang hadir selain Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah, Asisten 3 Pemprov Kepri M. Hasbi dan Kepala Biro Organisasi dan Korpri Any Lindawati. Juga hadir Sekdako Tanjungpinang Riono, Sekdakab Bintan Adi Prihantara, Sekdako Batam Jefridin dan Sekdakab Kepulauan Anambas Sahtiar, Sekdakab Karimun Firmansyah dan Sekdakab Lingga Abu Hasyim. (Basor/Humas)

PPID

Pedoman Pelayanan Informasi & Dokumentasi

JDIH

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

TRANSPARANSI

Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah

    BUKU TAMU

  LINK KABUPATEN KOTA

    PENGUNJUNG 

3159665
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
1273
11486
38836
38908
111755
208540
3159665

13.20%
17.35%
10.64%
2.79%
0.87%
55.14%

IP Anda : 54.81.197.127