GUBERNUR 

KEPULAUAN RIAU

Dr. H. Nurdin Basirun. S.Sos, M.Si

ARSIP

Arsip Berita

    (GPR) Kominfo

Invalid or Broken rss link.

* Fokus Infrastruktur Ekonomi dan Sosial

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menunggu kehadiran Gubernur H Nurdin Basirun di Jakarta untuk pembahasan pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin).

Pembangunan waduk dan embung di beberapa pulau di Kepri juga menjadi perhatian khusus. Kehadiran Nurdin ditunggu bersama proposal detil dan perkembangan terakhir tentang Jembatan Babin dan embung-embung.

“Saya tunggu di Jakarta, dengan proposal lengkap,” kata Basuki saat berbincang dengan Nurdin usai pembukaan Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera di Ballroom Swissbell Hotel, Jambi, Senin (9/10).

Gubernur Nurdin memang menyampaikan perihal pembangunan jembatan yang mengubungkan dua pulau paling padat di Kepri ini. Selain itu, untuk kebutuhan pertanian dan ketersediaan air, Gubernur menyampaikan pembangunan embung-embung yang sudah direncanakan.

“Kami berharap dukungan pemerintah pusat agar Jembatan Batam-Bintan menjadi prioritas pembangunan,” kata Gubernur.

Kementerian PUPR memang fokus pada pembangunan infrastruktur. Dalam pemaparannya, Basuki menyampaikan lima fokus infrastruktur seperti konektivitas berupa jalan jembatan, air dan sanitasi seperti waduk dan embung-embung, perumahan, energi dan komunikasi.

Rakor Gubernur se-Sumatera mengangkat tema Peningkatan Peran Swasta dalam Pembangunan Regional Sumatera dalam rangka Peningkatan Kontribusi terhadap Ekonomi Nasional.

Selain Menteri Pupera, hadir juga Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.

Mendagri mengatakan, Presiden Joko Widodo saat ini fokus pada pembangunan infrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial. Untuk tahun anggaran 2018, kementerian lembaga dan pemerintah daerah diminta fokus pada masalah pengentasan kemiskinan, mengurangi pengangguran dan ketimpangan sosial yang ada.

“Khusus Kepri infrastruktur lautnya harus dioptimalkan dengan baik,” kata Mendagri.

Mendagri menekankan tentang pentingnya sinergi dan konektivitas. Konektivitas harus dipercepat dan daerah diminta melakukan inovasi.

Soal percepatan konektivitas, memang salah satu program yang digesa Gubernur Nurdin. Termasuk juga memfokuskan diri pada pembangunan infrastruktur ekonomi dan sosial. Jembatan Batam-Bintan menjadi salah satu fokus infrastruktur yang akan dikembangkan. Karena itu Nurdin membincangkannya dengan Menteri PUPR.

Dalam kesempatan itu, Nurdin juga mengatakan, pihaknya terus fokus pada skala prioritas pembangunan. Apalagi yang meningkatkan investasi dan memicu pergerajan ekonomi masyarakat.

“Kita ingin semuanya matang. Penganggaran yang jelas, program terlaksana dengan baik dan terus dievaluasi,” kata Gubernur.

Malah saat ini, saban Senin pagi, Nurdin terus mengevaluasi kegiatan-kegiatan pembangunan. Dari Kepri, hadir pada rakor itu Wakil Ketua DPRD Amir Hakim. Tampak juga Kepala Barenlitbang Naharuddin MTP, Kadis PU Abu Bakar dan Kadisperindag Burhanuddin.(Risa/Humas)

PPID

Pedoman Pelayanan Informasi & Dokumentasi

JDIH

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

TRANSPARANSI

Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah

    BUKU TAMU

  LINK KABUPATEN KOTA

    PENGUNJUNG 

3505609
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
76
3145
6800
20398
31978
107076
3505609

13.96%
17.30%
10.17%
2.63%
0.87%
55.06%

IP Anda : 54.163.61.66